Jumat, 29 April 2011

PENDAHULUAN


Festival Teater Anak adalah ajang pertunjukan tahunan yang akan diadakan untuk menyambut perayaan akan hak-hak  anak untuk berekspresi, hal tersebut  bertujuan untuk  mengusung pengalaman dan budaya murni yang dibangun anak-anak ke publik. Festival  ini nantinya  akan berbentuk ajang pertunjukan tahunan yang akan diselenggarakan di tinggkat kota Yogyakarta. Kali ini Anak Wayang Indonesia ingin menciptakan Festival Teater Anak dengan mengusung semangat berbeda. Dimana nantinya gagasan ini merupakan wadah yang menarik bagi komunitas-komunitas anak di Yogyakarta. Setiap anak dimasing-masing wilayah mempunyai pengalaman, budaya dan gaya yang berbeda-beda. Di Festival Teater Anak nantinya setiap anak, orang tua, guru dapat belajar dan berbagi secara lebih mengenai anak.
Mengapa teater? Teater merupakan salah satu ruang yang tepat bagi anak untuk mengemas cerita keseharianya. Mulai dari keluguan, kecerdasan, kreasi, ekspresi, sudut pandang dan peistiwa-peristiwa seputar anak, bila dikemas menjadi sebuah pertunjukan akan menjadi tontonan yang menarik. Melalui proses teater maka anak-anak diajak untuk mengemas dan mendokumentasikan pengalaman seputar dunianya secara murni. Bukan hanya secara visual dan tulisan, namun juga lisan, gerak,bahasa tubuh, olah rasa dan ekspresi wajah. Dengan begitu berbagai pengalaman dan budaya anak dimasing-masing wilayah akan terekam secara detail dan inspiratif.
Sekolah dan kampung merupakan ruang interaksi bagi anak-anak dalam membangun pengalaman-pengalaman dengan teman sebaya. Disela-sela ruang inilah, anak mempunyai ruang khusus  dalam berbagi, belajar serta bermain secara leluasa tanpa campur tangan orang dewasa. Pengalaman-pengalaman anak tersebut dapat berlalu begitu saja tanpa memberi  kontribusi  nilai-nilai dan penyadaran terhadap pengembangan karakter anak. Festival Teater Anak menawarkan bentuk ruang baru untuk anak berekspresi dan berbagi secara bersama.   Selama ini anak hanya dapat berekpresi secara parsial dalam kegiatan-kegiatan tertentu dan tidak berkelanjutan.  Penyediaan ruang berekspresi ini sekaligus  sebagai  wadah pendokumentasian  pengalaman dan budaya anak,  agar dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk membangun kepercayaan diri anak saat ini, untuk hari depanya, dan belajar berbagi dengan orang lain.
Melihat kenyataan di atas, Lembaga Anak Wayang Indonesia merasa tertarik untuk membuat suatu ajang pertunjukan yang dikemas dalam bentuk festival, yaitu Festival Teater Anak. Proses ini berupa eksplorasi mengenai kehidupan serta lingkungan anak-anak.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Festival Teater Anak Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template