Senin, 11 Juli 2011

Rapat Koordinasi Peserta FTA

Penutupan pendaftaran Festival Teater Anak 2011 telah dilakukan, pendaftaran setidaknya telah dibuka tanggal 6 mei-28 mei 2011. Panitia memberika 3 minggu batas waktu pendaftaran untuk para peserta dan kelompok yang tertarik mengikuti festival ini. Selama tenggang yang cukup panjang tersebut yang di berikan panitia, hanya 4 kelompok teater dari kampung dan dua kelompok teater yang berasal dari institusi sekolah mendaftar sebagai peserta. Panitia Fetival Teater Anak menyadari bahwa tidak banyak kelompok serta komunitas teater anak yang tumbuh dan melakukan pertunjukan secara berkala di Yogyakarta.

Panitia Festival Teater anak menyadari pentingnya ruang berkspresi bagi anak, dan pengenalan seni melalui media teater yang mampu menampung, mencurahkan dan mengolah tenaga,perasan, pikiran anak, dari pengalaman mereka sehari-hari, menjadi menpunyai kekuatan seni dan hasil karya. Hal-hal tersebutlah yang membuat kami masih tersu semangat untuk membangun Festival Teater Anak lahir kembali dan mampu menjadi harapan ruang tumbuhnya komunitas dan sekolah dan umum nantinya, mengenal kekuatan teater dan seni. Harapanya melaui Festival ini tumbuh penghargaan terahadap ruang melalu media teater bagi tumbuh kembang anak yang menyenangkan.

Beberapa peserta yang telah mendaftar kemudian di undang panitia dan dipertemukan dalam technical meeting bersama 13 juni 2010, Pukul 10.00 di Kantor Anak Wayang Indonesia, Jl. Bintaran No 1. Terdapat 6 peserta yaitu kelompok teater dari sekolah Mbrosot,My Scholl,SD Kanisius Don Bosco,Teater Ledok Tukangan, TMB Anak Masa Depan Megangsan, dan kelompok Teater Pendowo Harjo,kasongan Bantul. Dari 6 enam kelompok tersebut telah memberikan dan mengirimkan profil singkat kelompok dan sinopsis pendek cerita. Pada teknical meeting tersebut hadir dan saling berkenalan para pelatih dan pendamping kelompok teater anak, mereka saling berkenalan dan bertukar pikiran mengenai banyak hal yang mereka temui dan dapatkan di lapangan saat mendampingi anak-anak.

Pelaksanaan Festival Teater Anak akan di selenggarakan pada tanggal 22-24 Juli 2011, di Ampy teater Taman Budaya Yogyakarta, bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional. Beberapa kelompok sudah memulai prosesnya bersama anak-anak dan sudah berada pada tahap merangkai cerita dan pembentukan adegan, sementara beberapa kelompok lagi baru akan memulainya pertengahan juni ini. Ayo tumbuhlah terus semangat anak Indonesia untuk berkarya!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Festival Teater Anak Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template